Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa Mengajak Para Pemuda di Daerah Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara Untuk Berperan Memajukan Desa.

Apakah kalian termasuk merasakan dan melihat bahwa disekitar lingkungan kita masih terdapat adanya kesenjangan antara masyarakat di kota maupun di desa yang terjadi baik dari segi ekonomi, pendidikan, kesehatan maupun budaya. Secara umum kesenjangan sosial yang terjadi dapat kita lihat dan rasakan
dari segi ekonomi yakni terdapat disekitar kita orang yang sangat kaya dan ada orang sangat miskin,  dari segi pendidikan terdapat bermacam-macam lulusan SD, SMP, SMA, DIII, S1, S2 tidak memadai fasilitas kualitas sekolah juga termasuk didalamnya. Tidak meratanya pembangunan dan fasilitas umum seperti akses jalan, listrik, fasilitas kesehatan maupun pelayanannya menjadi ketimpangan disuatu wilayah yang menyebabkan adanya kesenjangan di masyarakat kota maupun desa.

Adanya Kesenjangan sosial ini juga menjadi faktor penghambat maju nya suatu daerah baik itu di provinsi, kabupaten, maupun kota. Dampak  kesenjangan yang terjadi juga dapat menimbulkan masalah negatif muculnya kriminalitas, banyaknya pengangguran, terjadi konflik sosial, serta penyimpangan sosial didalam masyarakat.

Kesenjangan yang terjadi dimasyarakat masih menjadi masalah utama dan menjadi PR bagi pemerintah yang tidak mudah untuk diselesaikan.  Pemerintah daerah juga sebenarnya tidak tinggal diam untuk mengatasi masalah kesenjangan sosial yang terjadi berbagai upaya-pun dilakukan agar masalah ini dapat teratasi. Namun, usaha-usaha pemerintah untuk mengatasi masalah kesenjangan yang terjadi belum berdampak signifikan maka tentunya perlunya sinergi antara pemerintah dan  bersama-sama stakeholder dan masyarakat untuk bergerak maju untuk menangani kesenjangan yang terjadi. Maka dari itu salah satu yang sedang digagas para pemuda yang menamakan diri Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa merupakan salah satu upaya langkah kecil untuk membantu menangani kesenjangan  yang terjadi. Gerakan ini mengajak para pemuda Lubuklinggau, Musi Rawas, Musi Rawas Utara untuk bersama-sama berperan dalam membangun desa. Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa  ini juga berharap kepada pemerintah dan juga bersama masyarakat untuk membantu mensukseskan gerakan ini khususnya untuk tiga daerah lubuklinggau, musi rawas, dan musi rawas utara.

Apa itu Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa ?


Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa saat ini harapannya mampu menampung pemuda dari setiap kalangan dengan latar belakang dan tingkat pendidikan yang berbeda untuk bersatu dan mengambil peran dalam pembangunan daerah.
 
Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa

 

Apa saja Kegiatan Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa ?

Gerakan ini dibangun untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah melalui cara pemuda berupa  ekspedisi dengan mengumpulkan data kemudian merangkumnya dalam tulisan, foto, video dengan mempublikasikannya di sosial media internet. Gerakan ini juga dibangun untuk memberi ruang antar pemuda  dalam bertukar informasi dengan masyarakat desa terutama pemuda desa melalui penguatan kapasitas dan pengelompokan sesuai dengan tujuan dari potensi yang desa miliki.
Adapun Kegiatan perdana yang akan dilakukan.
Hari/tanggal : 14-15 Juli 2018.
Narahubung : Ayub Saputra 085268311295
                         Azimi Mahmudana 082278047936
Tempat         : Desa Durian Remuk, Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas.
 
Kemudian akan berpindah ke desa selanjutnya dengan waktu dan tempat yang ditentukan secara bersama-sama. Beberapa persiapan dalam mensukseskan kegiatan ini telah dilakukan oleh tim perumus awal berupa adminitrasi ke beberapa instansi di Kabupaten Musi Rawas dan penyebarluasan informasi di sosial media berupa Intagram @ekspedisidesa, Youtube: Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa dan Blogspot Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa. Melakukan pembicaran dengan Kepala Desa Durian Remuk dan melibatkan Karang Taruna Muda Karya Desa Durian Remuk untuk bersama-sama mensukseskan kegiatan ini. 

Bagaimana Cara  Jika Ingin Bergabung ?


Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa mengajak semua pemuda di Lubuklinggau, Musirawas dan Muratara untuk bergabung dan mengambil bagian secara sukarela atau bersifat volunteer.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Narahubung Ayub Saputra 085268311295 Azimi Mahmudana 082278047936 melalui media sosial
Intagram @ekspedisidesa,
Youtube: Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa
 Blogspot Gerakan Pemuda Ekspedisi Desa

No comments:

Post a Comment